Kamis, 15 September 2011

Semuanya Serba Extra Demi Penulisan Ilmiah


Kali ini saya tidak mau berbagi cerita tentang isi PI saya melainkan tentang detik – detik pembuatan PI, itu pun secara garis besarnya saja. Masalah isi dari PI nanti saja yah, ditulisan selanjutnya.

Penulisan Ilmiah atau biasa yang akrab disebut PI ini memang sungguh menantang bagi setiap mahasiswa. Mata kuliah yang terdiri dari 2 sks itu memang sering dianggap menjadi momok yang menakutkan bagi para mahasiswa penghuni semester 6. Karena PI merupakan pembuatan suatu penulisan ilmiah yang nantinya akan disidangkan didepan dosen penguji. Jelas sangat tidak mudah memang, karna pembuatannya memerlukan konsentrasi, uang dan waktu extra. Dan pengerjaannya dibarengi dengan kuliah semester 6. Waw!! Sangat sulit memang membagi waktunya. Begitu pun dengan saya, rasanya males dan berat banget untuk memulainya.

Awalnya sangat bingung ketika bertemu dengan dosen pembimbing, karena bingung mau membuat apa di PI saya. Namun perlahan ada titik terang ketika Raka dan Agus memberi masukkan kepada saya untuk mengambil materi PI sesuai dengan kemampuan dan penguasaan materi tersebut. Yapp dengan cepat saya langsung terfikir untuk membuat sebuah CD aplikasi pembelajaran tentang futsal, karena hanya futsal yang paling saya kuasai selama kuliah 6 semester ini. Padahal jurusan kuliah saya Sistem Informasi tapi malah menguasai materi futsal lebih banyak. Itu terjadi karena terlalu banyak bermain futsal dan jarang belajar materi perkuliahan hehehe. Harap maklum yah karena itu mata pencaharian saya selama ini.

Bingung kembali melanda karena saya tidak bisa menggunakan aplikasi 3 DS Max dan Adobe Flash untuk pembuatan PI. Tapi teman saya Raka yang baik hati mau mengajarkannya dan saya sampai bermalam di studio tempat dia bekerja saking pengen cepet jadinya PI saya itu. Selama 4 bulan akhirnya aplikasi saya selesai dan siap daftar sidang. Ternyata saya dapat jadwal untuk sidang pada tanggal 13 Juli 2011. Persiapan matang pun terus dilakukan untuk kelancaran jalannya sidang. Dan pada hari H, saya dicecer abis - abisan oleh dosen penguji, ternyata begitulah rasanya sidang yah serem dan menegangkan. Tapi kalau sudah selesai rasanya lega banget hehehe.

Selesai sidang ada beberapa revisi untuk PI saya dan alhamdulillah kemarin sudah saya bereskan setelah kembali dari Palangka Raya. Sekarang tinggal hardcover, upload tulisan dan minta tanda tangan orang orang penting dikampus. Yaah semoga saja cepat selesai. Amiin

Oiah judul PI saya ”Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Strategi dan Teknik Dasar Futsal Berbasis CD Interaktif”. Keren yah judulnya hehehe .

1 komentar: