Rabu, 16 Februari 2011

Dapur, Istana Bagi Para Wanita


Wanita yang identik dengan kecantikan dan kemolekan akan tubuhnya tentu tak lepas dari urusan masak memasak. Kegiatan yang dilakukan didapur tersebut memang sangat membutuhkan ketrampilan khusus, karna tidak semua orang bisa melakukan kegiatan memasak dengan baik. Sudah sejak kecil biasanya seorang wanita dibiasakan untuk memasak oleh orang tuanya. Walaupun pada awalnya hanya membantu sebagian kecil dari kegiatan memasak, perlahan-lahan seorang ibu akan mengajarkan anak perempuannya tekhnik bagaimana cara memasak dengan baik dan benar. Pada mulanya mereka diajarkan dari tahap yang paling mudah terlebih dahulu, misalnya memasak air yang hanya memanaskan air didalam panci hingga mendidih. Kemudian ke tahap yang sedikit lebih sulit, seperti memasak telor ceplok, mie instan sampai dengan tahap tertinggi dimana seorang wanita muda bisa memasak masakan enak dan lezat.

Tak heran jika dapur menjadi istana bagi para wanita, karna didapur lah seorang wanita dapat menuangkan semua inspirasinya untuk membuat masakan yang sesuai dengan selera mereka. Berawal dari dapur dan kebiasaan memasak yang sudah diajarkan sejak kecil, kini memasak bisa menjadi profesi yang menjanjikan. Menjadi seorang juru masak misalnya, jelas sangat dibutuhkan oleh restoran-restoran besar bahkan hotel berbintang yang memang membutuhkan juru masak berbakat untuk memenuhi tuntutan dari pelanggan yang ingin menikmati makanan lezat dan nikmat. Bahkan seorang juru masak pun bisa menjadi seorang entertainer terkenal, sebut saja Chef Farah Quinn. Chef yang bersuamikan orang bule ini, kini terlihat eksis ditelevisi menyajikan resep-resep masakannya. Namun tempat ia memasak bukanlah didapur rumahan, melainkan dapur yang berlatarbelakang pemandangan alam. Itu dimaksudkan agar para penonton yang menyaksikan acaranya tidak bosan menyaksikan dapur yang hanya dirumah saja. Dengan demikian sudah cukup membuktikan peran dari dapur. Bermula dari dapur sederhana dan masakan sederhana, seseorang bisa menjadi juru masak terkenal bahkan menjadi seorang entertainer yang eksis didunia pertelevisian. Tak dapat dipungkiri, tentu besar gaji yang mereka terima dari pekerjaan mereka itu. Karna sesuai dengan keahlian yang mereka miliki.

Namun seiring berkembangnya jaman, kini bukan hanya wanita yang akrab dengan dapur. Pria pun demikian. Banyak para pria yang menghabiskan waktunya didapur sebagai juru masak. Alasannya bukan karna memiliki gen wanita berlebih, namun karna mereka hoby memasak dan ingin mengembangkan hoby masaknya tersebut. Sebut saja Chef Rudy yang namanya sudah kondang didunia pertelevisian karna keahlian memasaknya. Tidak diragukan lagi keahlian beliau dalam meracik masakan, dari masakan tradisional daerah sampai masakan luar negeri pun dapat beliau kuasai dengan baik. Itu semua karna keuletan dan kegigihan beliau dalam memasak dan mengekspresikannya disebuah dapur hingga menjadi masakan yang nikmat. Dapat disimpulkan bahwa sesungguhnya berasal dari dapurlah kedua orang tersebut diatas berekspresi dan menjadi terkenal seperti sekarang ini. Dan dapur merupakan istana bagi para wanita untuk mengekspresikan dirinya lewat masakan-masakan yang nikmat dan lezat.

0 komentar:

Posting Komentar